Wednesday, April 10, 2013

Pacaran Islami? Ada Nggak Sih?

Diposkan oleh Nizha di Wednesday, April 10, 2013


Orang-orang yang mulai memasuki dunia remaja pasti dipenuhi dengan hal-hal naksir, suka-sukaan, gebetan, pedekate, sampe pacaran. Jangankan remaja, anak-anak aja ada yang suka pacar-pacaran. Pacaran udah jadi hal yang nggak biasa lagi bagi semua orang. Anak-anak yang pacaran alasannya iseng-iseng doank, seru-seruan aja. Remaja yang pacaran alasannya supaya semangat belajar, ada yang ngasih perhatian, iseng-iseng juga, seru-seruan juga, ato nggak alasannya yah "suka sama suka akhirnya kita jadian", betul nggak? Sementara yang usianya mulai menanjak dewasa hingga yang usianya dewasa, pacaran dijadikan alasan untuk saling kenal lebih jauh sama pasangan sebelum masuk ke jenjang pernikahan.

Pacaran, halal nggak?
Pada dasarnya dalam Islam itu, catet yah, nggak ada anjuran untuk pacaran. Islam tidak menghalalkan pacaran, tapi menghalalkan pernikahan. Pacaran itu merupakan budaya dari Barat yang diadopsi oleh Timur. Jadi udah pada tau kan, yang bikin istilah pacaran tuh darimana??

Tapi kan kita pacaran secara Islami...
Oke, pacaran Islami itu gimana menurut kalian? Nggak pegang-pegangan tangan? Nggak berdua-duaan? Nggak gandeng-gandengan? Nggak nyander-nyanderan? Pernah nggak kalian "nggak" melakukan hal-hal yang udah disebutin sebelumnya? Sekali lagi, hukum Islam aja nggak ada yang namanya pacaran gimana bisa ada yang namanya pacaran Islami. Please deh jangan bawa-bawa nama Islam untuk budaya yang bahkan diadopsi dari orang-orang kafir, astaghfirullah.

Tapi yang penting pas dua-duaan kita nggak ngapa-ngapain...
Yakin loh nggak bakal ngapa-ngapain? Asal tau aja yah, cowok-cewek bukan muhrim dua-duaan terus dua-duanya punya hasrat yang sama, dia nggak hanya berdua aja, ada pihak ketiga disitu yang nggak bakal lelah ngompor-ngomporin kalian, yaitu syaitan yang terkutuk.

Yah kan pacaran cuma iseng doank, lagian manfaatnya kita jadi semangat belajar!
Sekali lagi ingat, kita sebagai seorang muslim harus menaati segala perintah Allah, dan menjauhi larangan-Nya. Adakah hukumnya Islam berpacaran? Sedangkan bertatapan saja sudah zina, apalagi berdua-duaan. Astaghfirullah... Zina dilaknat oleh Allah. Jadi udah tau kan resikonya iseng-iseng itu? Dan juga semangat belajar apakah harus didapat dari pacaran? Kenapa harus pacar yang nyemangatin kamu? Kan ada keluarga, teman, sahabat, dan diri kamu sendiri yang bisa nyemangatin kamu. Ingat loh, Allah juga selalu menolong hamba-hamba-Nya yang kesulitan jika hamba-Nya benar-benar memohon kepada-Nya. Minta semangat sama Allah, Allah akan mudahkan segalanya :)

Nah, pacaran itu kan sebagai proses untuk mengenal lebih dekat. Gimana kalo kita salah menikahi seseorang suatu saat nanti? Gimana bisa kita menikah dengan orang yang nggak kita kenal luar dalamnya?
Oke, ingat saja... Pacaran tidak dihalalkan oleh Allah, tetapi Pernikahan itu halal bagi Allah. Bahkan nikah itu adalah ibadah! Bagaimana bisa Allah menyuruh kita untuk menikah, tapi Allah tidak menyuruh kita untuk pacaran? Berarti akan ada jalan bagi kita untuk mengenal calon suami/istri kita :) Tidak harus dengan pacaran, ada istilahnya Ta'aruf bagi umat Islam. Saling mengenal satu sama lain, bukan hanya diri kita, tapi saling mengenal keluarga satu sama lain. Selain itu berdoa dan mintalah kepada Allah agar diberikan jodoh terbaik bagi Allah. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Menikah adalah ibadah, berarti Allah sudah mempersiapkan jalan bagi kita, alangkah baiknya jika kita mengambil jalan yang halal karena Allah SWT.

So dipikirin lagi deh tentang pacaran. Apakah pacaran merupakan hal yang disukai oleh Allah? Tanyakan kepada hati kalian sendiri, jika kalian umat muslim sejati :) Dan bagi kalian yang masih menyebut istilah pacaran Islami, tolong tanyakan juga pada hati kecil kalian, apakah Islam benar-benar menghalalkan pacaran? Apakah ada pacaran Islami? Jawabannya TIDAK.

Saya juga baru belajar, kita semua sama-sama belajar. Saya dulu juga pernah pacaran, dan Alhamdulillah sekarang dapat banyak pencerahan dari Allah mengenai pacaran. Insya Allah semoga Allah selalu menjaga hati kita tetap tawakal dan istiqamah. Amin :))

image source: Pelauts Blog

1 komentar:

  1. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete

//
 

Nizha's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review